Rabu, 09 Februari 2011

jenis-jenis pis bolong

JENIS DAN ARTI UANG KEPENG KUNO

Disini saya akan memberikan penjelasan tentang Historis uang kepeng kuno atau Pis bolong ini yang terdiri dari berbagai jenis, jadi saya tidak mengulas tentang sejarahnya tapi sedikitnya sudah saya jelaskan dalam Kekuatan Magis ''Pis Bolong'', Benarkah Ada?

1. PIS GOBOGAN
Uang Kepeng/Pis Bolong Gobogan Jawa


Uang Kepeng/Pis Bolong Gobogan Arab

Pis gobogan ini di taksir ada pada tahun 1769M - 1860M, uang kepeng atau pis bolong di atas sangat langka, dimana permukaan mempunyai indentitas huruf jawa kuno dan Arab dan permukaan yang sebelahnya ada yang kosong atau ada berisikan huruf, yang di bali disebut Pis Jaring.Uang Kepeng/Pis Gobogan di bawah ini adalah gambar aslinya yang saya dapatkan di Bali daerah desa Tegallinggah-Karangasem dimana proses dalam menemukannya sangatlah rumit yg mungkin tidak bisa saya jelaskan disini, dimana pis gobogan ini merupakan masih peninggalan dari leluhur saya yg sudah tertanam dalam peti sangat lama bersama-sama dengan benda pusaka lainnya yang tidak saya tampilkan disini. Nanti akan saya jelaskan fungsi dsb dalam ulasan yang berikutnya yang masih tahap penulisan.

Uang Kepeng/ Pis Bolong jenis Gobogan ( ASLI )

2. PIS LUMRAH
Kata LUMRAH berasal dari bahasa BAli yang artinya sudah biasa digunakan atau di berlakukan dari masa ke masa. jadi pis ini di beri nama pis biasa atau pis bali, ketika beredar bersama-sama dengan uang logam HIndia Belanda. ciri-cirinya berwarna kehitaman , ada yang kebiruan dan ada pula yang kekuningan.( Gambar tidak ada )

3. PIS KERINYAH
Pis ini di cetak pada satu periode atau dalam masa pemerintahan satu dinasti kaisar cina, nilai satuannya sama dengan pis lumrah yaitu 1 keteng. disebut pis kerenyah karena permukaannya mengkilap dan memancarkan sinar, pada umumnya dalam masyarakat Bali pis kerinyah ini digunakan sebagai alat upakara yg disebut ukur. Ukur berperan sebagai simbol badan atau jasad yang digunakan dalam upacara ngaben(pembakaran mayat).Ma'af sebelumnya Pis ini saya belum bisa saya memberikan gambarnya.

4. PIS KOCI
Kata Kuci atau koci yang dikenal dalam bahasa Bali menurut van der tuuk berasal dari bahasa Cochin China (vietnam), tapi di beberapa daerah di Bali pis koci juga di sebut dengan nama pis Jepun. Ciri-cirinya jenis pis koci tidak terdapat huruf pada permukaan belakangnya tapi kadang-kadang ada hurufnya( dari pengalaman ), agak kecil dari biasanya dan kadang menggunakan pinggiran kadang tidak. Lubang tengahnya berbentuk bujur sangkar. Pis koci ini di produksi pada waktu zaman Majapahit.Pis Koci lebih banyak digunakan untuk sarana upakara , terutama sebagai bahan untuk membuat arca pemujaan yang di sebut RAMBUT SEDANA. Dan di temukan juga jenis pis KOCI yang pada permukaan belakangnya tercetak gambar tokoh-tokoh yang berwatak kebenaran dari tokoh-tokoh dunia pewayangan baik Ramayana, Mahabrata dan Bratayudha. Uang kepeng jenis ini oleh pemiliknya dianggap memiliki kekuatan gaib dan disebut PIS JIMAT.


Uang Kepeng/Pis Bolong Dewi Kunti ini adalah jenis KOCI yg tidak berpinggiran.


Uang Kepeng / Pis Bolong Nakula-Sadewa ini jenis Koci yang berpinggiran dalam lingkaran sebelah pinggir bisa di bandingkan dengan yang di atas.



5. PIS LEMBANG
Kata lumbang dalam bahasa BAli artinya lebar atau luas. Kata Lembang berasal dari kata Lumbang dan digunakan untuk memberi nama kepada jenis uang kepeng/pis bolong yang ukurannya paling besar di antara jenis uang kepeng/pis bolong. MEnurut Arjan van aeslt uang kepeng ini berasal dari dinasti Qing ( 1736M-1795M ), Jepang, Vietnam, dan Palembang.Ciri-cirinya : Agak besar dari ukuran biasa uang kepeng/ pis bolong biasa, warnanya kekuning-kuningan.

Uang Kepeng/Pis Bolong jenis Lembang.

Uang Kepeng / Pis Bolong Nawe Sange ini adalah Jenis LEMBANG.

6. PIS WADHON
Wadhon berarti Perempuan atau wanita, Orang Bali menyebut uang kepeng jenis ini dengan nama pis WADHON SARI atau WADHON SANGKA (WADHON KANGKA), diperkirakan tahun 841M - 846M . Karena jumlah produksi jenis uang kepeng ini sangat sedikit maka termasuk kategori yang sangat langka. Jenis uang kepeng ini jarang sekali di belanjakan sebagai uang kartal, karena lebih di utamakan untuk kepentingan bahan upakara atau bahan untuk membuat sarana hiasan di pura atau pamerajan. Karena ini merupakan jenis uang kepeng /pis bolong tertua terbuat dari bahan tembaga bercampur timah yang warnanya kehitaman. Untuk itu saya sendiri belum mendapatkan jenis uang kepeng ini hingga sekarang dan juga tidak mempunyai gambarnya.

7. PIS RERAJAHAN,PIS PAICA, PIS PRETIMA
Jenis pis ini awalnya tidak di belanjakan sebagai uang kartal, karena di anggap memiliki kekuatan magis religius.

- Pis Rerajahan adalah Uang logam dengan sengaja di rajah( digambar) dengan gambar-gambar tertentu yang dianggap menimbulkan atau memberikan kekuatan magis kepada orang yang memilikinya. Pis rerajahan ini di buat dari bahan perunggu, tembaga atau kuningan ada yang berbentuk lempengan bulat dan bujursangkar . Dari caranya merajah (digambar) yaitu di pahat atau dengan sistem cor setelah itu dilakukan upakara dan di mohonkan untuk memiliki kekuatan supranatural atau taksu ( di Pasopati). Menurut pengalaman saya Pis Rerajahan ini dari kekuatan magisnya tidak bisa bertahan lama dan biasanya memiliki kekuatan sementara saja dimana juga terdapat pantangan-pantangan yg tidak boleh dilanggar yang bisa menyebabkan kepunahan daya magis dari uang kepeng / pis rerajahan tsb dan juga mempunyai efek samping bagi jiwa bathin kita ( bukan Jasmani ).

- Pis Paica adalah jenis uang kepeng yang diperoleh karena melakukan semedi di tempat-tempat yang dianggap suci dan keramat. Uang kepeng ini /pis bolong jenis ini sangat di kuduskan dan selalu dikaitkan dengan kepercayaan kepada mahluk gaib.Dalam pengalaman saya pis paica banyak berbentuk uang kepeng/ pis bolong yang memiliki gambar berbagai tokoh-tokoh, Ramayana, Mahabrata,dan Bratayudha dsbnya.

- Pis Pretima adalah jenis uang kepeng yang yang dikuduskan sebagai simbol untuk memuja Tuhan dalam bentuk menifestasinya. Jenis pis Pretima ini biasanya banyak kita jumpai di BALI pada Pura-pura Suci yang biasanya sangat di sakralkan.
ma'af Disini saya tidak bisa memberikan Gambarnya, terimakasih.

Itulah jenis- jenis Uang Kepeng Kuno/Pis Bolong yang bisa saya paparkan berdasarkan buku dan pengalaman saya pribadi. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi kita semua. Nama-nama yang di berikan terhadap Jenis-jenis uang kepeng diatas sepenuhnya berdasarkan atas nama yang telah mentradisi dalam masyarakat BALI, Jika pun ada informasi jenis uang kepeng yang laen silakan Email saya. Dan masih banyak lagi yang saya akan ulas dalam blog saya ini dimana saya akan memaparkan Fungsinya, Ulasan dan Perawatan dari berbagai uang kepeng kuno /pis bolong yang tidak terdapat dalam Koleksi Uang Kepeng Kuno saya, terimaklasih.

0 komentar:

Posting Komentar

Code by : paid web directory